Pages

Thursday, February 5, 2015

Apa itu Bitcoin?


Apa itu Bitcoin? Bitcoin atau disingkat BTC adalah mata uang virtual yang digunakan untuk bertransaksi secara online. Bitcoin resmi diperkenalkan pada tahun 2009 oleh sekelompok orang atau seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, dengan tujuan agar tidak ada satu otoritas yang dapat memegang kendali terhadap satu mata uang dan menggunakannya demi keuntungan kelompok tertentu semata.

Bitcoin adalah mata uang yang tidak memiliki bentuk fisik layaknya mata uang Rupiah ataupun Dollar Amerika. Bitcoin berbentuk file, seperti file-file yang yang ada di dalam PC maupun laptop milik kita. File yang terdiri dari angka-angka yang terenkripsi dan menjadikannya beda satu dengan yang lain. File Bitcoin ini dapat disimpan di komputer, flashdisk, smartphone atau di dalam software khusus yang dinamakan Bitcoin digital wallet. Selain itu Bitcoin juga dapat disimpan di jasa penyimpanan Bitcoin cloud di internet.

Mengapa transaksi dengan Bitcoin bisa dilakukan?
Karena sudah banyak orang yang mengakui keberadaan, manfaat dan kepraktisan melakukan trnsaksi menggunakan Bitcoin dibanding mata uang biasa.
Transaksi dengan Bitcoin dapat dilakukan antar orang per orang tanpa perantara bank yang biasa mengambil keuntungan dengan memotong uang kita. Bitcoin dapat digunakan untuk bertransaksi online trading, sewa hosting, jual beli produk dan lain-lain. Bitcoin juga sudah diterima di perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Time, Dell dan masih banyak lagi dan jumlahnya terus bertambah.

Kabar baiknya Bitcoin juga sudah diterima di Indonesia. Bitcoin sudah diperjualbelikan di situs bitcoin.co.id dan artabit.com . Berinvestasi pada Bitcoin juga sangat menguntungkan karena nilainya yang terus naik terhadap U.S Dollar.

Masih banyak referensi yang dapat sahabat baca mengenai Bitcoin di internet, artikel ini hanya sekadar perkenalan. So, happy browsing.

No comments:

Post a Comment